Red Cursor
Posted by : Om indie



 
 Setiap empat tahun sekali, selalu ada yang berbeda di bulan Februari. Nah, hal itu terjadi di bulan ini, Februari 2012, yaitu, munculnya kembali si tanggal 29 atau yang lebih dikenal dengan sebutan tahun kabisat.Yuk, cari tahu seputar tahun kabisat!Secara umum, tahun kabisat adalah tahun yang bisa dibagi dengan angka empat atau ada satu hari penambahan di tahun tertentu sehingga dalam satu tahun ada 366 hari bukan 365 hari. 
Keunikan tahun kabisat ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu pada zaman Julius Caesar yang memimpin Kekaisaran Romawi.
Gara-gara kebingungan soal penanggalan yang enggak tepat, Julius Caesar meminta seorang ahli perbintangan, Sosigenes untuk membuat penanggalan yang benar dan tetap. 
Setelah diutak-atik, eh, ternyata satu tahun di bumi berjumlah 365,25 hari. Supaya lebih mudah, Sosigenes menggenapkannya menjadi 365 hari. Lalu kemana lagi sisanya? Sosigenes menggabungnya menjadi 1 hari setiap empat tahun sekali. Nah, itulah yang disebut tahun kabisat. Bulan Februari terpilih sebagai bulan untuk tahun kabisat. Ini karena jumlah harinya yang paling sedikit setiap tahunnya.

Bulan Agustus dan Kalender Kabisat
  Setelah Julius Caesar diganti oleh Kaisar Ahustus, kalender kembali diutak-utik! Ia mengganti bulan Hexelius menjadi bulan Agustus yang hampir mirip dengan namanya. Enggak cukup itu saja, ia juga menambahkan satu hari pada bulan Agustus. Awalnya si bulan Hexelius hanya terdiri dari 30 hari, nah, kali ini, si Ahustus menambahkan satu hari sehingga Agustus menjadi 31 hari. 
Wah, wah, dapat dari mana satu hari itu, yah? Kaisar mengambil satu hari dari bulan Februari . Jadi, jumlah hari di bulan Februari menjadi 28 hari pada tahun biasa dan 29 hari pada tahun kabisat.

  Hmm, yang lebih unik lagi kalau ada yang berulang tahun tanggal 29 Februari. Berarti, ia hanya merayakan hari jadinya empat tahun sekali. Hehe, meski begitu, umur tetap bertambah, lho, enggak mungkin usianya segitu-gitu saja. Ya, kan?( kecuali Mumi kali yah yang gak menua coz pke balsem pengawet ha..ha..ha..) 
Hayo, siapa yang ulang tahun pas tanggal 29? Kayak, apa, sih, rasanya? Cerita ke ke Om Indie yah he... he...
Happy Birthday To You

{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. Saya juga ada om temen yang ultah tanggal 29, hehehe

    Oya tampilan blognya udah enak kok om.

    BalasHapus
  2. HAPPY BRETD DAY............
    yang ulang tahun pada hari ini......
    ok om....

    BalasHapus
  3. om saya juga ...
    punya banyak karya syair iptaan saya pribadi....
    dan tolong cariin peminat buat karya saya....

    BalasHapus

Tinggalkan komentar atau pesan anda disini. Beri komentar yang baik dan bermanfaat untuk semua. Thanks
By. Om Indie

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Koran Indie -OmIndie- Powered by Blogger - Designed by JD -